Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PDGI Payakumbuh/Limapuluh Kota Gelar Pemeriksaan Gigi Gratis di SD-IT Madani

Medianers ~ Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Payakumbuh/Limapuluh Kota menggelar penyuluhan dan pemeriksaan gigi secara gratis kepada ratusan siswa/siswi Sekolah Dasar (SD), pada hari Selasa 20 Maret 2018.

Kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan gigi berlangsung di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD-IT), Madani Islamic School, terletak di Jalan Soekarno Hatta, Bulakan Balai Kandi, Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Propinsi Sumatera Barat.

Kegiatan bakti sosial masyarakat tersebut dilaksanakan PDGI dalam rangka memperingati hari kesehatan gigi sedunia, dikenal dengan World Oral Health Day (WOHD).

"Hari kesehatan gigi sedunia diperingati setiap tanggal 20 Maret. Kebetulan pada tahun ini, kegiatan digelar secara serentak seluruh Indonesia. Hanya 63 cabang PDGI yang terpilih melaksanakan, termasuk PDGI cabang Payakumbuh/Limapuluh Kota," ungkap drg.Sulistyowati, ketua PDGI cabang Payakumbuh/Limapuluh Kota.

Ia menambahkan, kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan gigi berlangsung cukup lancar dan mendapat sambutan hangat dari guru dan siswa. Diperkirakan siswa-siswi yang ikut memeriksakan gigi kurang lebih sebanyak 700 orang. Meskipun acara diguyur hujan lebat anak-anak masih antusias mengikuti acara sampai selesai.

"Hari ini, saya bersama 53 orang dokter gigi, dari Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, ditambah 6 orang dokter gigi dari Kabupaten Tanah Datar sangat senang telah melaksanakan pemeriksaan gigi dengan lancar kepada kurang lebih sebanyak 700 orang siswa-siswi SD-IT Madani," tambah drg. Sulistyowati.

"Selain melakukan pemeriksaan gigi, kami juga mengadakan sikat gigi bersama, secara massal dan semuanya mendapat sikat gigi dan pasta gigi gratis, yang disponsori oleh PB-PDGI, dan PT.Unilever," tutup drg.Tyo yang sehari-hari praktik di RSUD dr Adnaan WD Payakumbuh.

Pantauan Medianers, kegiatan bakti sosial PDGI, mendapat support dari pemerintah kota Payakumbuh, dengan hadirnya Elzadaswarman, SKM,.MPPM, kepala dinas kesehatan Kota Payakumbuh, dan Erwin Yunaz, selaku wakil walikota Payakumbuh.(Anton Wijaya)

Baca Juga : Sosok drg.Pasri, Dari Perawat Hingga Menjadi Dokter Gigi