Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selama 3 Hari, Surveior KARS Nilai RSUD dr Adnaan WD

Medianers ~ Selama tiga hari surveyor KARS berada di RSUD dr Adnaan WD, (27-29 November 2017) untuk melakukan penilaian,serta menelaah dokumen dan melakukan penelusuran.

Sebanyak tiga orang surveior KARS yang dipimpin dr.Ida Winarti Retno Daradjati, didampingi dr.Kurniawaty Laniwidjaya Khalik dan Ns.Sri Murti hadir di RSUD dr Adnaan WD melakukan telaah dokumen terhadap 15 Kelompok Kerja (Pokja), dan meneliti 323 standar dokumen.

Ketiga surveior melakukan penelusuran ke bangsal dan ruangan. Ada 3 pokok besar yang mereka telusuri, diantaranya : area medis, area keperawatan dan area manajemen. Dan, surveior juga melakukan wawancara pada keluarga pasien, terkait kualitas layanan petugas RSUD dr Adnaan WD.

Pantauan Medianers, tim survey KARS mengambil data berupa gambar, hasil wawancara dan telusur ke lokasi, serta ke pasien dan keluarga. Mereka mengamati dan menilai apakah yang tertulis di dokumen 15 Pokja nan dibuat RSUD dr Adnaan WD, apa benar dipraktikan.

"Pada prinsipnya apa yang dituliskan di dokumen Pokja, seharusnya itulah yang dikerjakan. Dan, apa yang dikerjakan, itu pula yang harus dituliskan. Hal demikian yang kami nilai," ungkap Ns.Sri Murti surveior KARS, area keperawatan pada medianers.

Setiap temuan dan hal yang wajib diperbaiki, dan dibenahi oleh pihak rumah sakit, maka disampaikan secara terbuka diruangan tertutup yang dihadiri oleh kurang lebih 25 dokter spesialis, ditambah beberapa perwakilan dokter umum, kepala Instalasi, kepala ruangan dan jajaran manajemen.

"Surveior ditugaskan tidak memberikan laporan penilaian saja pada KARS, tapi kami juga memberi masukan kepada manajemen rumah sakit dan Pokja, apabila setiap temuan yang kami lihat tidak tepat, kami beritahukan agar diperbaiki," ungkap dr.Ida selaku ketua tim survey.

Dihari ketiga, Rabu ( 29/11/2017) tim survey kembali melakukan telusur, yakni menelaah Kualifikasi dan Pendidikan Staff (KPS) kepada sejumlah 15 orang yang terdiri dari 5 orang dokter, 5 orang Perawat dan Bidan, serta 5 orang dari unsur penunjang dan manajemen.

Dari semua proses berliku dan menguras tenaga serta waktu itu, tergambar jelas dihari terakhir, bahwa orang-orang yang terlibat mempersiapkan dan menyukseskan penilaian akreditasi, terlihat sangat bahagia dan puas telah melakukan sesuatu untuk kemajuan RSUD dr Adnaan WD.

"Rasa syukur saya ucapkan kepada Allah SWT, dan terima kasih banyak kepada seluruh Manajemen, Teman Sejawat dr.Spesialis, dr.Umum, dr.Gigi, dan teman-teman Keperawatan, Kebidanan, Penunjang, Bagian Administrasi, Satpam dan CS, atas komitmen dan kepeduliannya menyukseskan akreditasi rumah sakit kita ini." ungkapnya.

Baca Juga : Riwayat RSUD dr Adnaan WD, Menuju Akreditasi Paripurna

dr.Efriza Naldi, menambahkan," semoga apa yang kita lakukan ini, dibalas oleh Allah,SWT dengan pahala yang berlipat ganda. Aamin, YRA."(AW)