Cara Agar Tetap Bugar dan Sehat Puasa Ramadhan

Medianers ~ Hari ini (27/5) merupakan hari perdana puasa Ramadhan 2017 yang akan dijalani umat muslim. Puasa pertama yang akan dijalani ini terbilang berat, karena merubah kebiasaan yang biasanya bangun tidur dan selesai mandi cari sarapan atau minuman hangat. Namun, esok pagi kebiasaan itu berubah total. Umat muslim wajib merubah pola makan yaitu sahur sekira pukul 04.00 wib kemudian menahan haus dan lapar hingga matahari terbenam.

Tentunya, selama menahan rasa haus dan lapar ada rasa khawatir bagi umat muslim yang tetap menjalani aktifitas sehari-hari. Untuk itu medianers berbagi tips Cara Agar Tetap Kuat dan Sehat Selama Menjalani Puasa Ramadhan, tips yang dimaksud sebagai berikut:

Jangan sampai tidak makan sahur serta baca doa puasa
Tertidur pulas/ Photo: alana.io
Ini sangat penting bagi umat muslim yang akan berpuasa esok hari, medianers ingatkan jangan sampai ketiduran sehingga tidak ada asupan gizi dan energi yang masuk kedalam tubuh serta baca doa niat puasa. Saat sahur sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman mengandung Kafein seperti Kopi, karena minuman tersebut selain bisa membuat lambung terasa perih juga bisa membuat seseorang sering pipis, karena dalam minuman tersebut ada kandungan dieuretik.

Sebaiknya konsumsi makanan mengandung protein tinggi, seperti dada ayam, putih telur dan protein hewani lainnya. Kemudian konsumsi sayur dan buah-buahan, serta usahakan minum air putih hangat kuku yang banyak untuk mencegah dehidrasi.

Jaga Istirahat dan Tidur
Meluangkan waktu istirahat/ photo: alana.io
Usahakan jaga kualitas tidur dimalam hari, jangan sampai pula batanggang dan usahakan istirahat yang cukup disiang hari. Hindari aktifitas yang menguras keringat atau memaksakan pekerjaan terlalu barat, tapi lakukan dengan santai tapi pasti. Dan, usahakan tidur siang paska pulang kerja agak 1-2 jam saja.

Berbukalah Secukupnya
Berbukalah dengan banyak minur air putih / Photo : alana.io
Saat sirine berbuka telah meraung-raung, maka lepaskanlah menahan dahaga haus dan lapar dengan air putih hangat 'kuku' dan hindari minuman bersoda atau es, untuk mencegah gangguan sisitim pencernaan. Kemudian hindari makan berlebihan, konsumsi secukupnya, serta hindari makanan terlalu banyak minyak dan pedas. Sebaiknya konsumsi makanan berprotein tinggi sedikit karbohodrat, ditambah sayuran dan buah-buahan. Selanjutnya hindari aktifitas yang merugikan kesehatan.(AW)